Apa itu Unsur?

Tahukah sobat semua benda yang ada di dunia ini pada dasarnya tersusun atas materi. Materi merupakan segala hal atau benda yang memiliki massa dan ia menempati ruang. Istilah materi ini kemudian sering kita dengar dikatikan dengan bedan dan zat. Pada dasarnya materi, benda, dan zat adalah sama-sama bisa dikatakan sebagai sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.

Dengan panca indra yang kita pnyai kita bisa mendeteksi keberadaan materi ini. Misalnya bisa kita raba atau melihat materi berbentuk padat. Kita bisa mencium materi berbentuk gas. Jika gas itu tidak berbagu kita bisa saja merasakan hembusannya melaui permukaan kulit kita.

Materi yang ada di sekeliling kita bisa dibedakan menjadi 2 yaitu materi dengan zat tunggal dan ada yang bukan tunggal (campuran). Materi berupa zat tunggal terdiri dari unsur dan senyawa. Mari kita simak pembahasannya berikut:

Apa itu Unsur?

Sebuah cincin ada yang terbuat dari emas. Nah, emas itu adalah satu satu jenis unsur kimia. Emas ini kemudian tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi materi yang lain. Unsur adalah zat tunggal yang tidak bakal bisa kita uraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Nah, kalau dengan reaksi kimia yang tidak sederhana berarti bisa dong? Iya, tapi biasanya untuk memecahnya ke bagian atomik unsur seperti proton, elektron, dan neutron.

Berikut beberapa unsur yang sering kita kenal

1. Alumunium 23. Kobalt
2. Antimon 24. Kromium
3. Arsen 25. Litium
4. Barium 26. Magnesium
5. Belerang 27. Mangan
6. Berilium 28. Merkuri
7. Besi 29. Natrium
8. Bismut 30. Nikel
9. Boron 31. Nitrogen
10. Brom 32. Oksigen
11. Emas 33. Perak
12. Fluor 34. Platina
13. Fosfor 35. Radium
14. Helium 36. Seng
15. Hidrogen 37. Serium
16. Iodin 38. Sesium
17. Iridium 39. Silikon
18. Kadmium 40. Tembaga
19. Kalium 41. Timah
20. Kalsium 42. Timbal
21. Karbon 43. Tungsten
22. Klor 44. Uranium

Tahukah sobat, pada keadaan normal, banyak dari unsur berwujud padat seperti tembaga, emas, besi, alumunium, dan sebagainya. Namun demikian ada pula yang berwujud cair seperti raksa dan ada pula yang berbentuk gas.

Baca Juga :  Perubahan Wujud Zat