Apa Itu Molekul Dan Cabang Ilmu Kimianya?

Dear sobat hitung melanjutkan postingan yang kemaren, di kesempatan yang berbahagia ini admin admin akan menshare tentang molekul, pasti sobat sobat yang duduk di bangu smp atau yang sudah lulus pernah mendengar kata molekul… lalu Apa sih molekul itu ? Mari kita simak uraian dibawah ini…

Pengertian molekul

Molekul yaitu kumpulan dari dua atau lebih atom pada suatu susunan tertentu yang terikat oleh ikatan kimia. Atom atom memiliki ikatan kovalen yang sangat kuat dan bermuatan netral atau tidak bermuatan listrik. Kumpulan dari atom atom tersebut saling terkait dan membentuk bagian terkecil dari suatu senyawa atau zat yang dapat berdiri sendiri. Sehingga molekul juga bisa didefinisikan sebagai zat tunggal yang dapat diuraikan kembali menjadi bagian yang lebih sederhana menggunakan reaksi kimia dan merupakan gabungan dari beberapa unsur yang sama ataupun berbeda.

Gabungan dari beberapa unsur baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis tersebut didasarkan pada perbandigan tertentu, sehigga menghasilkan suatu molekul. Perbandingan dan perbandingan tersebut kemudian menjadi penggolongan suatu molekul.

Molekul sangat mempunyai kaitan erat dengan atom, bahkan bisa dikatakan kalau ada atom pasti ada molekul juga, dan juga sebaliknya. Untuk itulah jarang ditemukan atom yang dapat berdiri sendiri, hal ini dikarenakan atom saling berkaitan dengan yang lainnya.

Berapa sih ukuran molekul itu?

Molekul dibentuk dari susunan atom berdasarkan pada susunan ruang elektron. Molekul yang memiliki ukuran paling kecil yaitu hidrogen diatomik (H2), dengan keseluruhan molekul sekitar dua kali dari panjang ikatannya ( 0,74 A ). Molekul yang memiliki ukuran besar sering disebut dengan makromolekul / supermolekul.

Karena molekul memiliki ukuran yang sangat kecil, molekul tidak bisa dilihat secara kasat mata, tetapi bisa dilihat dengan menggunakan teori hibridasi dan teori vsepr. Selain itu milekul juga dapat dideteksi menggunakan mikroskop gaya atom. Jadi molekul itu ukurannya sangat kecil.

Cabang Ilmu

Ada dua cabang ilmu yang mempelajari molekul ;

  • Fisika molekuler
    Pada cabang ini cenderung mempelajari tentang hukum yang mengatur struktur dan sifat-sifat molekul, sedangkan
  • kimia molekuler
    Pada cabang ini lebih condong kepada hukum-hukum yang mengatur tentang interaksi antar molekul.

Namun pada prakteknya, perbedaan antara kedua cabang keilmuan tersebut seringkali terjadi tumpang tindih sehingga mengakibatkan ketidak jelasan. Walupun begitu, keduanya tetaplah cabang ilmu yang bermanfaat bagi manusia khususnya di bidang pengetahuan.

Baca Juga :  Makromolekul : Amina